Jumat, 19 Oktober 2012

HALLOWEEN


Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata "Trick or treat!" Ucapan tersebut adalah semacam "ancaman" yang berarti "Beri kami (permen) atau kami jahili." Di zaman sekarang, anak-anak biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa. Sebagian anak-anak masih menjahili rumah orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toiletatau menulisi jendela dengan sabun.
Halloween identik dengan setanpenyihir, hantu goblin dan makhluk-makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat. Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween.

sedangkan dalam sisi sejarahnya,Halloween berasal dari festival Samhain (dari bahasa Irlandia Kuno samain) yang dirayakan orang Kelt zaman kuno.[1] Festival Samhain merupakan perayaan akhir musim panen dalam kebudayaan orang Gael, dan kadang-kadang[2] disebut "Tahun Baru Kelt".[3] Orang Kelt yang menganut paganisme secara turun temurun menggunakan kesempatan festival untuk menyembelih hewan ternak dan menimbun makanan untuk persiapan musim dingin. Bangsa Gael kuno percaya bahwa tanggal 31 Oktober, pembatas dunia orang mati dan dunia orang hidup menjadi terbuka. Orang mati membahayakan orang hidup dengan membawa penyakit dan merusak hasil panen. Sewaktu merayakan festival, orang Gael menyalakan api unggun untuk membakar tulang-tulang dari hewan yang mereka sembelih. Orang Gael mengenakan kostum dan topeng untuk berpura-pura sebagai arwah jahat atau berusaha berdamai dengan mereka.

Dalam Halloween ada ciri khasnya yaitu
Jack-o'-lantern: Ini terbuat dari labu yang dipahat menyerupai wajah yang menyeramkan.
Di Jack-o'-lantern biasanya diletakkan lilin atau lampu yang menyala didalamnya supaya di dalam kegelapan Jack-o'-lantern itu menyala menyeramkan. Ini biasanya di pajang di depan rumah atau pintu.
Trick or Treat: Suatu ucapan yang dilontarkan anak anak yang merayakan halloween pada waktu mereka berkeliling dari rumah tetangga ke rumah tetangga yang lainnya dengan memakai kostum kostum yang menyeramkan seperti dracula,goblin,mumi,Frankenstein ataupun setan setan yang lainnya. Adapun Kostum halloween yang dipasarkan di toko toko tertentu


Tapi, bukan berarti pesta Halloween kita ini adalah pesta keagamaan ya. Kita ngambil sisi positif nya aja. WTH ini, cuma untuk senang-senang :) gak ada hubungannya dengan keagamaan. Agama apapun bebas ikut dan gak akan dosa juga kok! put on a costume and have fun! ketemu temen-temen, dengerin lagu, nonton performance-performance keren, ikutan game-game seru dan makan-makan :D dengan ngeluarin uang 70 rb itu kalian gak akan rugi deh! pertama, karena makanannya enak-enak! hadiahnya banyak juga! terus ada band-band keren dan fashion dance, street dance dll. pokoknya asik deh! jangan ketinggalan ya :) for more info, dan pembelian ticket bisa liat twiiter @WTH_allowen atau liat aja post-post dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar